Sabtu, 16 Juni 2012

ASAM JAWA UNTUK OBAT BATUK DAN PERIT TEKAK


"Asam" adalah nama umum yang dipakai untuk semua bumbu dapur pemberi rasa masam pada masakan, termasuk juga asam kandis dan asam gelugur. Nama "asam jawa" dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa. Tumbuhan ini sendiri didatangkan oleh orang-orang dari India.

Nama Tamarindus dan tamarind diturunkan dari bahasa Arab تمرهندي tamr hindī. Artinya kurang lebih: kurma India.

Asam jawa merupakan sejenis ramuan masakan yang terkenal dikalangan masyarakat Melayu. Biasanya asam jawa akan dilarutkan ke dalam air dan hanya airnya digunakan dalam masakan. Hampasnya pada kebiasaannya dibuang. Selain digunakan dalam masakan, asam jawa juga boleh dimakan begitu sahaja ataupun dengan ditambah dengan gula. Selain itu asam jawa juga digunakan secara tradisional bagi mengubat batuk dan perit tekak. Pucuk muda mentah atau yang telah dicelur, dimakan dengan budu, cencaluk, sambal belacan atau pencecah lain dengan nasi. Buah muda asam jawa yang dikupas kulit dan ditumbuk kasar atau diracik kecil, dicampurkan dengan sambal belacan, sesuai dimakan dengan nasi. Rasa buah asam jawa adalah masam-masam manis manakala daunya berasa sedikit kelat dan masam.
Selain untuk bumbu masak asam jawa juga bisa di buat untuk obat,misalnya untuk obat sakit batuk dan obat perit tekak.
cara membuatnya sebagai berikut :
Tiga polong buah asam jawa, setengah genggam daun saga.rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga sampai satu dua, disaring lalu diminum.1gels untuk pagi dan 1 gelas untuk sore hari.tapi kalu easanya mau lebih gurih ,tambahkanlah sedikit garam.
selamat mencobanya.Insya Allah dengan izinnya akan sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

manfaat kesehatan bagi kahidupan kita. Copyright 2008 All Rights Reserved Thiscopert by Allie J Greggs